14 January 2009

tips sepeda motor : Ciri karburator ngaco


Sobat bikers pada tips otomotif kali ini saya akan mencoba menulis tentang seputar karburator, peranti pengabut bensin ini memang harus rutin diperiksa agar performa motor anda tetap stabil. Tapi, seiring waktu karena seringnya motor digunakan kerap terjadi kondisi karbu anda sudah tidak fit lagi.

NAH, Kerusakan ini bisa ada yang diperbaiki dan tidak bisa diperbaiki. Berikut dibawah ini saya akan coba menerangkan kepada sobat bikers mana yang masih bisa diperbaiki dan mana kerusakan yang tidak diperbaiki :


1. SKEP MACET, dibadan karbu hingga gas susah turun. gara -gara terlalu kencang tekanan mur ke intake manifold hingga rumah skep tertarik. Untuk kasus seperti ini masih bisa anda perbaiki dengan cara "Pakai amplas halus,gosok sisi depan-belakang rumah skep sampai skep bisa naik turun dengan lancar.

2. SKEP OBLAK, ini kebalikan kasus diatas . gesekan terus menerus skep dan rumah skep bikin terkikis permukaan, alhasil langsam pun jadi tidak stabil. "Ini tak ada obatnya alis anda harus mengeluarkan kocek lebih untuk jenis kerusakan seperti ini".

3. MONCONG KARBU KE INTAKE MNIFOLD MELENGKUNG, Ini membuat motor anda susah untuk langsam. Ini disebabkan sama seperti kasus yang pertama, Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada karbu honda GL pro yang memakai dua mur pengikat ke kepala silinder. "untuk memperbaikinya gunakan kikir datar dan amplas untuk meratakan sisi yang tidak lurus".

4. NOSEL OBLAK, Berefek ke semburan bensin tak konstan dan rpm lambat naik. "untuk pemakai karbu bermerk mikuni, cukup membeli jarum skep dan nosel yang baru. Sedangkan bagi pengguna karbu keihin rada sulit karna komponen karbu orsinil jarang dijual bebas dipasaran.Solusinya ganti karbu dengan yang baru atau bisa pakai karburator repair kit non orsinil".

5. BENSIN MENETES SAAT PARKIR, Kasusnya dikarenakan jarum pelampung yang tak lagi pas di dudukanya."Silakan ganti dengan jarum pelampung yang baru. Kalau bensin masih juga mengucur, berarti dudukan jarum pelampung tak lagi rata. Gunakan bor 3mm, lalu putar tiga kali kedasar dudukan jarum pelampung.

Semoga tulisan singkat di atas dapat menambah wawasan anda tentang dunia otomotif.

No comments:

Post a Comment

Followers